Monday, November 5, 2012

Analisi Strategi Bisnis Perusahaan Daerah Perkebunan … Di Kabupaten …(PRT-45)

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
BUMD sebagai suatu lembaga usaha, meskipun tidak dilepaskan dari predikat milik Pemerintah Daerah yang berkonotasi pelayanan masyarakat (public service) maka produktivitas BUMD diukur melalui besarnya keuntungan (profit) perusahaan yang akan disumbangkan pada kas daerah, mempertahankan dan meningkatkan potensi alam dan memperluas lapangan kerja. Kondisi empiris yang sering kali tampak bahwa BUMD-BUMD justru lebih banyak yang rugi daripada yang menguntungkan. Tujuan Pendirian BUMD sebagai pendukung PAD seringkali menjadi sulit diwujudkan bahkan ada beberapa BUMD yang dalam penyelenggaraannya menjadi beban bagi anggaran belaja daerah daripada menjadi kontributor PAD.
BUMD yang juga belum sepenuhnya beroperasi sebagai perangkat bisnis, banyak campur tangan para birokrat pemerintah menyebabkan BUMD tidak bisa leluasa menerapkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada profit. BUMD juga terkenal sebagai sapi perahan para pejabat sehingga terjadi inefisien. Semua ini mengakibatkan kinerja BUMD rendah dan akibatnya sumbangan PAD juga rendah, bahkan disinyalir banyak BUMD yang sebenarnya harus tutup kerena merugi tetapi terus dipertahankan dengan alansan menyerap tenaga kerja penyediaan kebutuhan masyarakat pemanfaatan potensi  alam dan lain-lain.
BUMD juga lamban dalam melaksanakan perubahan (change) atau pengembangan organisasi (organization development), bila dapat dikatakan tidak melakukan perubahan atau pengembangan sama sekali. Sementara kondisi lingkungan eksternal terus berubah dengan amat cepat akibat perjalanan BUMD yang relatif stagnant tidak merespon perubahan-perubahan lingkungan dengan tindakan-tindakan pengembangan baik itu pengembangan organisasi maupun pengembangan bisnis membuat tertinggal dalam persaingan dengan perubahan – perubahan swasta yang terus menerus melakukan perubahan dan pengembangan untuk meningkatkan produktivitas dan keunggulan daya saing (competitivenes).

 
Dengan demikian pengembangan dan peningkatan usaha bagi BUMD merupakan keharusan untuk merspon dan menyesuaikan diri dengan perubahan dan tuntutan dan perkembangan jaman. Melalui peningkatan usaha diharapkan nantinya tujuan untuk mendapatkan keuntungan (bussines oriented) ataupun profit oriented nantinya dapat terwujud. Suatu hal yang menarik adalah bahwa kegagalan BUMD dalam mewujudkan tujuannya sebagai penyumbang PAD selama ini karena belum memperoleh perhatian yang cukup dari pemerintah Daerah. Asumsi bahwa BUMD merupakan lembaga pelayanan masyarakat (public service) dan memperluas lanpangan kerja seringkali digunakan sebagai alasan pembenar atau justifikasi sehingga BUMD boleh merugi. Tampaknya akibat asumsi seperti itu pula lah sehingga upaya-upaya penelitian dan analisa untuk menemukan factor-faktor diterminan kegagalan serta perumusan upaya pengembangan BUMD guna meningkatkan efektivitas selama ini belum banyak dilakukan oleh pemerintah daerah.
Dengan telah diberlakukannya UU no. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang telah memasuki tahun ke tiga, peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai suatu lembaga penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) memiliki pengaruh yang cukup dominan dalam menyelenggarakan rumah tangga Pemerintah Daerah. Target-target kwalitas pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pembangunan, maupun pelayanan masyarakat yang terus meningkat dari tahun ketahun menuntut peningkatan dukungan pengabdian biaya penyelenggaraannya dari seluruh sumber PAD yang dimiliki termasuk BUMD. Oleh karena itu upaya-upaya peningkatan produktivitas BUMD harus terus menerus dilakukan.
Dari hasil–hasil usaha yang telah dilakukan oleh salah satu BUMD di Kabupaten Kediri yaitu Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo menunjukkan bahwa Perusahaan mampu memberikan kontribusi PAD kepada Pemerintah Kabupaten Kediri  sebagai mana   dalam table 1 berikut ini :
Tabel 1. Perolehan Laba Dan Target Setoran PAD
N0.
Tahun
Laba (Rp.)
Target Setoran (Rp.)
1.
1996
182.477.646,00
33.188.033,00
2.
1997
74.219.918,00
37.241.917,00
3.
1998
523.659.816,00
101.241.917,00
4.
1999
252.659.602,00
201.608.000,00
5.
2000
262.528.986,00
166.000.000,00
Sumber Kantor PD. Perkebunan Margomulyo Kediri.

Kalau dilihat dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa keuntungan (laba) Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo dari hasil usahanya di bidang perkebunan dapat dikatakan selalu profit karena selama kurun waktu 5 (lima) tahun dengan memanfaatkan lahan kering yang ada tampaknya dapat memberikan kontribusi keuntungan dari tahun ketahun, ini menandakan  bahwa Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan tersebut masih eksis dalam mengatasi tututan Otonomi daerah,.
Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah produk-produk dari luar yang jenisnya sama (Eksternal) karena komoditas andalan dalam meningkatkan profit tergantung dari tiga tanaman pokok yaitu : Tebu, Cengkeh dan kopi. Untuk bisa bersaing dengan produk dari luar maka Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo harus mampu merumuskan dan menyempurnakan strategi Perusahaan dalam rangka mengimbangi/memenangkan persaingan yang ada, oleh karena itu perlu adanya kajian strategi bisnis Perusahaan yang harus dilakukan oleh Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo dalam mensikapi permasalahan tersebut diatas.
Strategi bisnis merupakan salah satu factor yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi tersebut sebagai bahan acuan untuk mengambil kebijakan atau sebagai petunjuk dalam melangkah guna mencapai tujuan dan juga sebagai tolok ukur keberhasilan pekerjaan yang telah dilakukan serta untuk menentukan langkah – langkah di masa yang akan dating guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo dalam membuat strategi bisnis harus mampu melihat dirinya secara obyektif yaitu factor internalnya (Kekuatan dan Kelemahan) dan factor – factor ekternalnya yang berasal dari luar atau pesaing bisnis (peluang dan Ancaman).
Atas dasar uraian tersebut diatas maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi bisnis Perusahaan daerah Perkebunan Margomulyo di Kabupaten Kediri.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No comments:

Post a Comment