RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SMP
Nama sekolah :SMPN 2 Labuapi
Nama pelajaran :Bahasa Inggris
Kelas/semester :VIII/1 (satu)
Alokasi waktu :2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi: Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
B. Kompetensi Dasar : 1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat .
2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C. Indikator : Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
1. interuksi
2. pengumuman
3. iklan
4. private letter
D. Materi Pembelajaran
1. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut
a. listen and repeat !
b. congrulation !
c. well,done!
d. Announcement !
2. kosakata yang terkait tema/jenis teks,misalnya : please call…..
I hope, I can follow, you can visit……
3. kata kerja : follow, visit, call, help, contact, comeback, tell, fed, seen, eat, travel ,
Run.
4. Personal Pronoun : I, you ,we ,he, she ,they, it
5. Possessive pronoun : mine, yours, ours, hers, his, theirs
6. Possessive adjective : my, your, our, her, his, its
7. Ungkapan baku : congrulation !, announcement !
E. Metode Pembelajaran/ Teknik
Three – phrase technique
F. Langkah – langkah kegiatan
1. kegiatan pendahulaun
a. Tanya jawab berbagai hal yang terkait kondisi siswa
b. Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan gambaran umum topic bahasan
c. siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru
2. Kegiatan Inti
a. membahas kosakata dan tata bahasa yang berkaitan dengan teks fungsional
b. memperhatikan kosakata dan tata bahasa yang mungkin muncul dalam makna yang
tersurat dalam ungkapan – ungkapan fungsional pendek
c. mendengarkan dan merespon percakapan sesuai materi
d. mengidentifikasikan makna dalam gagasan teks lisan fungsional pendek terkait
dengan topik materi
e. menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan,makna gagasan yang terdapat
dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan.
3. Kegiatan Penutup
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
b. Menyimpulkan materi pembelajaran.
c. menugaskan siswa untuk menggunakan ungkpan-ungkapan yang telah dipelajari
dalam situasi yang sesungguhnya.
G. Sumber belajar
a. script percakapan
b. buku teks berisi percakapan
c. alat peraga
H. Penilaian
1. Teknik: Teks lisan , teks tulis, unjuk kerja
2. Bentuk: Pertanyaan : benar salah, informasi
3. Instrumen:
a. answer the questions based on the letter
b. state true or false based on the teks
c. using who, what, when, how, which questions !
4. Pedoman Penilaian
Kebijakan guru masing-masing…..
Mengetahui :
..............................,...........................
Kepala Sekolah SMPN 2 Labuapi Guru Mata Pelajaran bahasa inggris
________________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :SMP/MTS
Nama sekolah :Mts.Al-intishor
Mata pelajaran :Bahasa Inggris
Kelas/semester :VII/1 (satu)
Alokasi waktu :3 x 45 menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi: 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar : 1.1 merespon makna tindak tutur dan gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar,dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
C. Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan ;
1. interuksi
2.daftar benda/barang
3.ucapan selamat
4.pengumuman
D. Materi Pembelajaran
Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
a. keep close!
b. Things to buy: sugar, flour, meat, butter
c. Congratulations!
d. Well done
e. Announcement!
2.kosakata terkait tema atau jenis teks. Misalnya : buy, congratulate, dsb.
3.kata kerja : live, study, cheat, do , have, stop, dsb
4.personal pronoun : I, you, we, they, she, he, it
5.possesive pronoun : mine, yours, ours, hers, his, theirs
6.posseseive adjective : my, your, our, her, his, its
7.ungkapan baku : congratulation!, announcement !
E. Metode Pembelajaran: three-phase technique
1. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
· Tanya jawab tentang kondisi siswa
· Siswa menjawab pertanyaan guru
b. Kegiatan Inti
· Membahas kosakata dan tata bahasa yang berkaitan dengan teks fungsional
· Memerhatikan kosakata dan tata bahasa yabg mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan fungsional pendek
· Mendengarkan dan merespon sesuai materi
· Mengedintifikasikan makna gagasan teks fungsional pendek terkait dengan topic materi
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
· Menyimpulkan materi pembelajaran.
· Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yng telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.
F. Sumber belajar
a. LKS
b.English In Focus For Grade VII junior high school(SMP/MTS)
G. Penilaian
a. Teknik: tes lisan,tes tulis, unjuk kerja
b. Bentuk: Pertanyaan, benar salah
c. Instrumen:
1. answer the questions based on the letter
2. state true or false based on the teks
d. pedoman penilaian
· untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
· jumlah skor maksimal 5 x2 = 10
· nilai maksimal = 10
· nilai siswa = skor perolehan X 10
skor maksimal
Mengetahui : ......................., ...................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran bahasa inggris
_________________________ ______________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment