PEDOMAN OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
1. Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran
a. Siswa memperhatikan pelajaran dengan seksama selama proses belajar mengajar berlangsung
b. Siswa tidak mengerjakan pelajaran lainnya
c. Siswa ridak ragu-ragu dalam merespon pelajaran
d. Siswa tidak terpengaruh dengan situasi kelas selama pembelajaran berlangsung
2. Interaksi siswa dengan guru
a. Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru
b. Siswa berusaha menjawab setiap pertanyaan guru dengan benar
c. Siswa berusaha memperbaiki jawaban pertanyaan yang dijawab salah sebelumnya
d. Siswa berusaha mengemukakan pendapatnya
3. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada fase “Thinking”
a. Mengerjakan LKS secara mandiri pada lembar “Thinking”
b. Mengerjakan LKS dengan seksama
c. Mengerjakan LKS tepat pada waktunya
d. Tidak mengganggu siswa lain yang sedang mengerjakan LKS
4. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada fase “Pairing”
a. Adanya pembagian tugas dengan pasangan
b. Menghargai pendapat pasangan
c. Saling membantu antar pasangan
d. Berusaha mengerjakan LKS sampai tuntas
5. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada fase “Sharing”
a. Masing-masing siswa mencoba mengemukakan pendapat dalam diskusi
b. Siswa mencoba menanggapi pendapat dari temannya
c. Siswa berusaha untuk memberi contoh yang benar dalam diskusi
d. Siswa berusaha memberi tanggapan yang lain setiap ada pertanyaan
6. Interaksi siswa dengan siswa
a. Siswa bertanya kepada rekannya yang lebih mampu apabila menemukan kesulitan
b. Siswa terbuka dan ramah kepada siswa lain
c. Siswa mencoba memperbaiki kesalahan temannya dalam mengerjakan soal
d. Siswa memperhatikan penjelasan temannya
7. Aktivitas siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran
a. Siswa mengacungkan tangan untuk maju mengerjakan soal
b. Siswa mampu menciptakan suasana yang kondusif dalam kelas
c. Siswa merespon atas stimulasi yang diberikan guru atau siswa lain
d. Siswa mencatat penjelasan yang dianggap penting dari guru atau siswa lain
8. Partisipasi siswa dalam menyimpulkan hasil belajar
a. Siswa mencoba menyimpulkan materi yang sudah dibahas
b. Siswa menghargai kesimpulan yang disampaikan oleh siswa lain
c. Siswa berusaha memperbaiki kesimpulan yang kurang tepat sebelumnya
d. Siswa mencatat kesimpulan yang sudah benar baik yang disampaikan oleh guru maupun siswa yang lain
PEDOMAN OBSERVASI AKTIVITAS GURU
1. Membuka Pelajaran
a. Memeriksa kesiapan siswa
b. Membimbing siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran
c. Mengabsensi siswa
2. Membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar
a. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Menyampaikan manfaat pembelajaran
3. Pemberian apersepsi kepada siswa
a. Mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman sebelumnya
b. Mengaitkan materi yang akan dibahas dengan materi sebelumnya
c. Mengaitkan materi yang akan dibahas dengan kehidupan sehari-hari
4. Penyampaian materi kepada siswa
a. Menguasai materi pembelajaran
b. Menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran
c. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan RPP
5. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) Fase “Thingking (Berpikir)”
a. Menyampaikan teknik model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) kepada siswa secara singkat
b. Membimbing siswa untuk berpikir mandiri dalam mengerjakan LKS pada lembar “Berpikir (Thinking)”
c. Menyarankan kepada siswa untuk serius dalam mengerjakan LKS
6. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) Fase “Pairing (Berpasangan)”
a. Guru mendatangi setiap kelompok (pasangan) dalam mengerjakan LKS
b. Memfasilitasi kelompok (pasangan) yang kesulitan mengerjakan LKS
c. Menganjurkan kepada siswa untuk bertukar pikiran dengan pasangannya.
7. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) Fase “Sharing (Berbagi)”
a. Meminta siswa untuk menampilkan/mempresentasikan hasil yang diperoleh dari diskusi dengan pasangannya (sharing)
b. Meminta siswa untuk menanggapi hasil presentasi kelompok (pasangan) yang maju
c. Memberikan penguatan kepada siswa
8. Mendampingi siswa selama proses belajar mengajar berlangsung
a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa dan sumber belajar
b. Merespon positif partisipasi seluruh siswa
c. Menunjukkan sikap ramah, hangat, sabar dan terbuka
9. Kemampuan menciptakan suasana kelas yang kondusif
a. Guru dapat mengendalikan kondisi yang dapat mengganggu proses belajar mengajar
b. Menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan
c. Mengawasi kegiatan pembelajaran
10. Pengaturan waktu pembelajaran
a. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan
b. Mempertegas batasan kegiatan
c. Menyesuaikan waktu tiap-tiap kegiatan pembelajaran jika memungkinkan
11. Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
a. Melakukan tanya jawab untuk menarik kesimpulan dari materi yang diajarkan
b. Meminta siswa untuk membuat kesimpulan hasil diskusi kelas dengan bahasanya sendiri
c. Meminta siswa untuk memperbaiki atau menambah kesimpulan apabila yang dibuat salah atau kurang sempurna.
12. Menutup Kegiatan Pembelajaran
a. Memberikan penghargaan kepada kelompok (pasangan) yang memiliki kinerja yang paling baik
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau memberikan tugas rumah untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
c. Menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
No comments:
Post a Comment