Perbankan adalah lembaga keungan yang berperan sangat vital dalam aktivitas perdagangan internasional serta pembangunan nasional. Pada dunia ekonomi modern saat ini, masyarakat sangat bank minded. Ini dapat dilihat dari makin maraknya minat masyarakat untuk menyimpan, berbisnis, bahkan sampai berinvestasi melalui perbankan. Hal ini menyebabkan semakin maraknya dunia perbankan yang dapat dilihat dari tumbuhnya bank-bank swasta baru walaupun pemerintah semakin memperketat regulasi pada dunia perbankan.
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
Aktivitas manajemen
Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu :- Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
- Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
- Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Pendahuluan
Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, hal ini wajib dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan.Unsur manajemen keuangan harus diketahui oleh seorang manajer. Misalkan saja seorang manajer keuangan tidak mengetahui apa-apa saja yang menjadi unsur-unsur manajemen keuangan, maka akan muncul kesulitan dalam menjalankan suatu perusahaan tersebut.
Sebab itu, seorang manajer keuangan harus mampu mengetahui segala aktivitas manajemen keuangan, khususnya penganalisisan sumber dana dan penggunaan-nya untuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. Seorang manajer keuangan harus memahami arus peredaran uang baik eksternal maupun internal.
Fungsi Manajemen Keuangan
Berikut ini adalah penjelasan singkat dari fungsi Manajemen Keuangan:- Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
- Penganggaran Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
- Pengelolaan Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
- Pencarian Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
- Penyimpanan Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
- Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
- Pemeriksaan Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
- Pelaporan keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi
- Melakukan pengawasan atas biaya
- Menetapkan kebijaksanaan harga
- Meramalkan laba yang akan datang
- Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja
Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.Analisis Sumber Dana dan Penggunaannya
Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting bagi manajer keuangan. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan asal perolehan dana tersebut. Suatu laporan yang menggambarkan asal sumber dana dan penggunaan dana. Alat analisis yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan adalah analisis rasio dan proporsional.Langkah pertama dalam analisis sumber dan penggunaan dana adalah laporan perubahan yang disusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu. Laporan tersebut menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen tersebut yang mencerminkan adanya sumber atau penggunaan dana.
Pada umumnya rasio keuangan yang dihitung bisa dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu :
- Rasio Likuiditas, rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya.
- Rasio Leverage, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang di-supply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan.
- Rasio Aktivitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya. Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta.
- Rasio Profitabilitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.
- Rasio Pertumbuhan, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya pertumbuhan ekonomi dan industri.
- Rasio Penilaian, rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencemirkan kombinasi pengaruh dari rasio risiko dengan rasio hasil pengembalian.
Pengertian Modal
Istilah "modal" biasa diartikan bermacam-macam, istilah modal dalam pembelanjaan perusahaan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu : modal aktif dan modal pasif. Modal aktif merupakan kekayaan atau penggunaan dana, sedangkan modal pasif merupakan sumber dana.Manajer Keuangan
Manajer Keuangan merupakan seseorang yang mempunyai hak dalam mengambil suatu keputusan yang sangat penting dalam suatu bidang investasi dan pembelanjaan perusahaan. Manajer keuangan juga bertanggung jawab dalam bidang keuangan pada suatu perusahaan.Di bawah ini adalah referensi judul skripsi yang kami ambil dari seluruh universitas di indonesia, jika sahabat mahasiswa membutuhkan file lengkap skripsi keuangan dan perbankan ataupun jurusan keuangan dan perbankan bisa memesan paket mega skripsi yang berisi 1300 skripsi semua jurusan hanya dengan mengeluarkan uang saku sebesar Rp.150.000,- saja. Bagi skripsi informatika dan ilmu komputer sebagian telah dilengkapi program+sourcecode lengkap. silahkan pesan Di sini >> Order DownloadfSkripsi
Kami juga menawarkan paket mega source code lengkap, yaitu kumpulan program, sourcecode, aplikasi Visual Basic (VB), PHP yang berisi lebih dari 160 program+sourcecode lengkap didalamnya, kami mengemasnya di dalam 3 DVD dengan total file 12 giga. Jika sahabat mahasiswa tertarik silahkan memesan di sini >> Order Download Source code
Kumpulan Judul Tugas Akhir Keuangan dan Perbankan
- MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DALAM USAHA MENGHIMPUN DANA MASYARAKAT (TABUNGAN) PADA PT. BANK JATIM CABANG BATU
- PROSEDUR DAN KETENTUAN PERUSAHAAN DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM (GO PUBLIC) PADA BURSA EFEK JAKARTA (STUDI KASUS PADA HUBUNGAN EMITEN DAN UNDERWRITER)
- ANALISIS LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS PADA PT. BPR ARTHA SARI KENCANA SINGOSARI MALANG
- TATA CARA DAN PROBLEMATIKA KLIRING PADA PT.BANK BNI (PERSERO) TBK. CABANG GRESIK
- MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DALAM USAHA MENGHIMPUN DANA MASYARAKAT (TABUNGAN)PADA PT. BANK JATIM CABANG BATU
- PROSEDUR PELAKSANAAN KREDIT PUNDI KENCANA SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK JATIM CABANG BATU
- PROSEDUR TRANSAKSI CEK WISATA (TRAVELLERS CHEQUE) PADA PT. BANK JATIM – MALANG
- PELAKSANAAN STRATEGI PROMOSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- PROSES KREDIT DANA PENSIUN PADA PT. BANK BTPN (PERSERO) Tbk. CABANG MALANG
- PENGARUH PENURUNAN SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP DEPOSAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH JATIM CABANG PEMBANTU BANGIL
- PROSEDUR PENGELOLAAN KUPEDES BERMASALAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) UNIT PURWOREJO – PASURUAN
- PEMASARAN ASURANSI KECELAKAAN DIRI BAGI NASABAH TAPLUS BANK BNI CABANG MOJOKERTO
- AKTIVITAS PEMASARAN PRODUK TAPLUS GUNA MENINGKATKAN PENGHIMPUNAN DANA PT. BANK BNI (persero) Tbk. CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
- TRANSAKSI ANTAR BANK MELALUI PROSES KLIRING OTOMASI PADA PT.BANK “BNI” (Persero)Tbk CABANG BLITAR
- TINGKAT KEPUASAN NASABAH SEBAGAI STANDART PENILAIAN KINERJA CUSTOMER SERVICE PADA PT. BANK BNI (Persero) Tbk CABANG URIP SUMOHARJO SURABAYA
- SISTEM DAN PROSEDUR KIRIMAN UANG SEBAGAI ALTERNATIF PILIHAN KEMUDAHAN PELAYANAN JASA PENGIRIMAN UANG PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG URIP SUMOHARJO SURABAYA
- PROSEDUR PELAYANAN DAN MEKANISME PELAKSANAAN TABUNGAN HAJI INDONESIA (THI) PADA PT. BNI 46 (PERSERO) Tbk. CAPEM BATU
- PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA MOJOKERTO
- PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KPR PADA BANK BNI (PERSERO) TBK CABANG GRESIK
- STRATEGI PROMOSI TAPLUS DALAM MENGHIMPUN DANA MASYARAKAT PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. CABANG MADIUN
- USAHA-USAHA UNTUK MENEKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk. CABANG MALANG
- MEKANISME EKSPOR DENGAN LETTER OF CREDIT (L/C) PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk CABANG MADIUN
- SISTEM DAN PROSEDUR KIRIMAN UANG SEBAGAI ALTERNATIF PILIHAN KEMUDAHAN PELAYANAN JASA PENGIRIMAN UANG PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG URIP SUMOHARJO SURABAYA
- PROSEDUR PELAKSANAAN INKASO PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) CABANG MOJOKERTO
- MEKANISME PELAKSANAAN INKASO CEK/BG DALAM NEGERI PADA PT.BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)TBK. CABANG BLITAR
- MEKANISME PELAKSANAAN JASA TRANSFER DALAM NEGERI DI PT. BANK BNI (Persero) Tbk. CABANG TUBAN.
- RESPON NASABAH TERHADAP PELAYANAN PHONE PLUS PADA PT. BANK “X” CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
- KEDISIPLINAN SEBAGAI PENUNJANG PENINGKATAN KINERJA KERJA KARYAWAN PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) MALANG
- PROSEDUR PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- PROSES KREDIT DANA PENSIUN PADA PT. BANK BTPN (PERSERO) Tbk. CABANG MALANG
- MEKANISME TRANSFER MELALUI WESTERN UNION PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk CABANG TULUNGAGUNG
- STRATEGI PEMASARAN ATM PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG TULUNGAGUNG
- PERKEMBANGAN KREDIT UMUM PEDESAAN GOLONGAN BERPENGHASILAN TETAP (KUPEDES GOLBERTAP) TH. 1999-2002 PADA PT.BANK BRI UNIT PURWOREJO – PASURUAN
- UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BUMI RINJANI BATU
- AKTIVITAS CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN NASABAH PADA PT. BANK “X” (PERSERO) Tbk. CABANG BONDOWOSO
- TRANSAKSI ANTAR BANK MELALUI PROSES KLIRING OTOMASI PADA PT.BANK “BNI” (Persero)Tbk CABANG BLITAR
- KEBIJAKAN DAN PROSEDUR DEBIT PLUS PADA PT. BANK BNI (Persero) Tbk. CABANG URIP SUMOHARJO SURABAYA
- FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG NASABAH UNTUK MENABUNG DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. CABANG PASURUAN
- PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT PENSIUN PADA BANK JATIM CABANG BLITAR
- UPAYA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DANA PENSIUN LEMBAGA KEUANGAN (DPLK) – SIMPONI PADA PT. BANK “X” (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU BATU
- EFEKTIFITAS DIVISI KREDIT KHUSUS DALAM USAHA PENYELAMATAN KREDIT DI BANK JATIM CABANG MALANG
- ANALISA PROSES PENCAIRAN KREDIT YASA GRIYA DI PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang
- PERKEMBANGAN PASAR MODAL INDONESIA MAUPUN PROSES KLIRING DAN PENJAMINAN, PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA TANPA WARKAT PADA PT. KLIRING PENJAMINAN EFEK INDONESIA (Tinjauan Diamati Dari Tahun 2001 ? 2004)
- SISTEM PENGENDALIAN KREDIT UNTUK MEMPERTAHANKAN LIKUIDITAS PADA PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN
- PROSEDUR TRANSAKSI TABUNGAN SIMPEDA PADA PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN
- MEKANISME PEMBAYARAN PENSIUN MELALUI PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI TABUNGAN PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH (TAPENAS) PADA PT. BNI (Persero) Tbk. CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- PENGENDALIAN KREDIT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BANK YANG SEHAT PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG PASURUAN
- PELAKSANAAN SERVICE EXCELLENT OLEH CUSTOMER SERVICE Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Mojokerto
- STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN HAJI INDONESIA (THI) PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG MALANG
- EFEKTIFITAS DIVISI KREDIT KHUSUS DALAM USAHA PENYELAMATAN KREDIT DI BANK JATIM CABANG MALANG
- ANALISA PROSES PENCAIRAN KREDIT YASA GRIYA DI PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang
- PERKEMBANGAN PASAR MODAL INDONESIA MAUPUN PROSES KLIRING DAN PENJAMINAN, PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA TANPA WARKAT PADA PT. KLIRING PENJAMINAN EFEK INDONESIA (Tinjauan Diamati Dari Tahun 2001 ? 2004)
- SISTEM PENGENDALIAN KREDIT UNTUK MEMPERTAHANKAN LIKUIDITAS PADA PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN
- PROSEDUR TRANSAKSI TABUNGAN SIMPEDA PADA PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN
- MEKANISME PEMBAYARAN PENSIUN MELALUI PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI TABUNGAN PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH (TAPENAS) PADA PT. BNI (Persero) Tbk. CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- PENGENDALIAN KREDIT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BANK YANG SEHAT PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG PASURUAN
- PELAKSANAAN SERVICE EXCELLENT OLEH CUSTOMER SERVICE Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Mojokerto
- STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN HAJI INDONESIA (THI) PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG MALANG
- PELAKSANAAN PELAYANAN PADA PT. BPR SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- PENERAPAN SISTEM BAGI HASIL PADA PEMBIAYAAN AL MUDHARABAH DI PT. BPR SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- PENILAIAN PERMOHONAN KREDIT MULTIGUNA PADA PT. BANK JATIM CABANG PEMBANTU PANDAAN
- PROSEDUR PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN KREDIT USAHA KECIL SECARA OPTIMAL PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- PERANAN PHONE PLUS DALAM MENARIK MINAT NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG GRESIK
- PENINGKATAN MUTU PELAYANAN MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENARIK MINAT NASABAH PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- PELAKSANAAN ADVERTISING DALAM UPAYA PENGHIMPUNAN DANA TABUNGAN PADA PT. BANK PANIN Tbk.
- PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG
- PERKEMBANGAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) CABANG MALANG
- PENILAIAN KINERJA TELLER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN NASABAH PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG
- MEKANISME TABUNGAN PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH (TAPENAS) PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG SIDOARJO
- PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PIUTANG GUNA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PADA PT. PLN (Persero) Tbk. CABANG PASURUAN
- PERKEMBANGAN PENGHIMPUNAN DANA TABUNGAN CITRA PADA BANK BTPN CABANG MALANG
- PERANAN TRANSFER SEBAGAI SALAH SATU PRODUK JASA BANK PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG.
- PROSEDUR DAN PERMASALAHAN KREDIT PUNDI KENCANA PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JATIM CABANG PEMBANTU BANGIL
- Sistem Penghitungan Bunga Kredit Multi Guna Di PT. Bank Jatim Cabang Malang
- KELAYAKAN PENYALURAN KREDIT UNTUK MENEKAN RISIKO KGM (KREDIT GRIYA MULTI) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG
- EVALUASI PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENGURANGI KREDIT MACET PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG
- PERKEMBANGAN NASABAH DEPOSITO PADA PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN
- PENILAIAN KECUKUPAN MODAL PADA LIMA BANK BESAR DI INDONESIA TAHUN 2002 DAN 2003
- MEKANISME PELAKSANAAN INKASO KELUAR DALAM NEGERI PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG MOJOKERTO
- UPAYA PENINGKATAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN AL-MUDHARABAH PADA PT. BPR SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- SISTEM iCONS ONLINE PADA TRANSFER KELUAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP NASABAH PADA PT. BANK BNI (Persero) Tbk. CABANG PASURUAN
- ANALISIS TINGKAT LIKUIDITAS PADA PT. BPR SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- EFEKTIFITAS PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA UNTUK MENCEGAH KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPD JATIM CABANG KEDIRI
- STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TAPENAS (Tabungan Pendidikan Nasional) PADA PT. BANK BNI (Persero) Tbk CABANG PEMBANTU PARE KEDIRI
- PEMBUKAAN TABUNGAN HAJI DAN KONTRIBUSI TERHADAP TOTAL DANA TABUNGAN PADA PT. BNI (Persero) Tbk CABANG MOJOKERTO
- MEKANISME PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA PADA PT. BANK JATIM CABANG KEDIRI
- KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) MODAL KERJA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT PATIMURA TULUNGAGUNG
- PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT MIKRO PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk UNIT CANDI SIDOARJO
- PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN TERHADAP NASABAH PADA PT. ASURANSI BUMI ASIH JAYA JOMBANG
- PELAKSANAAN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. BANK BRI (PERSERO) Tbk. CABANG SYARI’AH MALANG
- PERAN PERSONAL SELLING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN PADA PT BANK ?X? CABANG MALANG
- UPAYA FRONT OFFICE UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA NASABAH BANK ?X? CAPEM PARE, KEDIRI
- PEMASARAN PRODUK TAPENAS (TABUNGAN PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK BNI(PERSERO) Tbk. CABANG PEMBANTU IKIP MALANG
- PERHITUNGAN SISTEM HASIL TABUNGAN MUDHARABAH PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH BUMI RINJANI BATU
- PELAKSANAAN SERVICE EXCELLENT OLEH CUSTOMER SERVICE Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Mojokerto
- PERAN PELAYANAN JASA BANK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH TABUNGAN HAJI PADA PT. BANK JATIM PROBOLINGGO
- PROSEDUR PROGRAM DANA PENSIUN LEMBAGA KEUANGAN (DPLK) PADA PT. BANK BNI (PERSERO) TBK. CABANG KEDIRI
- MEKANISME PENGELOLAAN PREMI PADA PT. ASURANSI JIWA BUMI ASIH JAYA DI JOMBANG
Kami mengucapkan terima kasih banyak telah sempat mengunjungi blog kami yaitu situs download skripsi gratis, tidak tepat jika sahabat mahasiswa sekalian sempat dan senantiasa meninggalkan komentar pada form komentar di bawah untuk mengeluarkan pendapatnya tentang article skripsi jurusan keuangan dan perbankan.
No comments:
Post a Comment