Monday, September 5, 2011

Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Sebagai Media Penjualan Pada Nobel Store Book Dengan Menggunakan ASP.NET (IK-30)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Penjualan merupakan salah satu aktifitas yang sangat fital dalam perusahaan, sebab pada dasarnya penjualan yang efektif atas barang akan bedampak pada perolehan laba yang sangat penting dalam menunjang aktifitas lainnya dalam menjalankan perusahaan. Sejalan dengan perkembangan suatu perusahaan maka untuk melakukan penjualan haruslah dipertimbangkan suatu sistem penjualan yang dapat memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan pembelian. Selain itu sitem penjualan tersebut juga memperhatikan perkembangan perusahaan ke depan.


Toko buku Nobel merupakan sebuah perusahaan retail kelas menengah yang melayani penjualan buku. Sebagai perusahaan retail maka kelangsungan perusahaan bergantung pada omset yang diperoleh dalam melakukan penjualan. Untuk memberikan kemudahan bagi konsumen, toko buku Nobel memberikan layanan pesanan lewat telepon dan diantar (call and delivery.) Pada mulanya, toko buku Nobel mampu menghasilkan omset yang cukup besar dan dapat berkembang dengan pesat sehingga perusahaan berencana untuk membuka cabang baru.

Seiring dengan rencana tersebut, telah bernunculan toko-toko sejenis di sekitar toko buku Nobel yang memberikan pelayanan yang serupa selain harga yang kompetitif. Pihak perusahaan merasakan omset yang diperoleh semakin berkurang karena persaingan tersebut. Dengan semakin berkurang omset, maka perkembangan perusahaan dapat terganggu. Oleh karenanya perusahaan mengambil keputusan untuk menangguhkan rencana untuk membuka cabang baru dan mengalokasikan dana yang ada untuk kembali menarik minat konsumen. Salah satu cara yaitu dengan meningkatkan layanan kepada konsumen.
Berdasarkan kenyataan tersebut, pihak perusahaan dituntut untuk membuat sistem penjualan yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pembelian disamping layanan-layanan yang telah ada. Karena sistem yang dibuat berhubungan langsung dengan konsumen maka sistem harus dapat menyentuh sebahagaian besar lapisan masyarakat.

Untuk mengendalikan masalah ini, perlu dikembangkan suatu sistem informasi penjualan yang memanfaatkan media internet, yakni berupa sebuah website untuk memasarkan/menjual barang.
Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka Tugas Akhir ini mengambil judul “Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Sebagai Media Penjualan Pada Nobel Store Book Dengan Menggunakan ASP.NET”.


Untuk mendapatkan koleksi contoh Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

No comments:

Post a Comment