Friday, November 9, 2012

Peranan Kelompok Tani Dalam Penyampaian Teknologi Baru Pada Petani Anggota Di Desa Boluroto Dan Banjarejo Kecamatan Manjarejo Kabupaten Blora (PRT-116)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pertanian merupakansektor yang sangat penting dan dominan, hal ini ditunjukan  dengan banyaknya  penduduk  yang  tergantung  pada  pertanian. Namun  melihat  perkembangan yang  terjadi,  pertanian  di  Indonesia  belum maksimal. Mulai dari  input  yang  digunakan          sampai  output    yang dikeluarkanpunbelum bisa diandalkan.

Keadaan  tersebut  banyak disebabkan oleh  berbagai  faktor,  mulai dari keputusan petani dalam menentukankomoditas, penggunaan faktor produksi, panen,  serta pasca panen yang masih tradisional. Selain itu pengetahuan dan pengalaman petani juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari usaha tani yang dilaksanakan oleh petani.

Guna  menunjang  perkembangan pertanian  perlu  diteruskan          dan disempurnakan  usaha penyuluhan   dan  pendidikan   pertanian,   juga   perlu dilanjutkan  perbaikan   dan  perluasan   prasarana,   pembukaan   lahan   baru, penyediaan  berbagai  sarana  prosuksi yang  memadai,  kemudian  penyediaan kreditdengan syarat yang tidak terlalu membebani bagi petani, serta penelitian dan  pemilikan   teknologi   yang  tepat,  yang  disebarkan keseluruh  daerah masyarakat petani ( Anonymous, 1988 ).

Untuk  mewujudkan  sasaran  pembangunan  pertanian  serta  merespon perkembangan  globalisasi   perekonomian   dan   tuntutan   konsumen   yang semakin menekan pada aspek kontinuitas dan kualitas produk, maka pada PJP II  pemerintah  telah  menekankan  konsep sistem  agribisnis  pembangunan pertanian  (Badan  Agribisnis,1995  dan  saragih,1998  b) melalui  SK.Manteri Pertanian    R.I No.96/KPTS/OT.210/2/94,  tentang  pembentukan       badan agribisnis yang  mempunyai  tugas     pokok    melakukan  pembinaan    dan pengembangan agribisnis.  Pendekatan  agribisnis  lebih  menekankan           pada aspek  manajemen penguasaan  pasar  (kebutuhan  dan  harapan  konsumen) tentang kualitas dan kuantitas produk, daya saing dan penggunaan teknologi.
 
Untuk memudahkan penyerapan informasi-informasi yang baru biasanya dibentuklah   sebuah  wadah   untuk   menampung   informasi-informasi   yang masuk.  Wadah itu dinamakan kelompok tani, dimana melalui kelompok tani maka informasiyang dibutuhkan bisa cepat tersampaikan kepada petani. Peran dan fungsi dari kelompok tani akan berjalan, apabila para anggota  yang adadi dalamnya memahami fungsi dan peranan kelompok tani tersebut.
Dengan  melihat  latar  belakang  tersebut,  maka  diperlukan  penelitian mengenai peranan kelompok tani dalam menyampaikanteknologi baru pada petani anggota .

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No comments:

Post a Comment