Tuesday, July 2, 2013

KUMPULAN SKRIPSI JURUSAN KOMUNIKASI PERANCANGAN SITUS JEJARING SOSIAL DAN APLIKASI WEB CHAT DENGAN SISTEM BERBASIS REAL TIME



PERANCANGAN SITUS JEJARING SOSIAL DAN APLIKASI WEB CHAT DENGAN SISTEM BERBASIS REAL TIME




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Manusia berinteraksi dengan manusia lain telah menjadi bagian inti dari kehidupan. Interaksi antar manusia merupakan rutinitas alamiah dalam fenomena hidup. Proses interaksi turut melibatkan proses komunikasi. Proses komunikasi merupakan hal yang paling penting dilakukan oleh manusia untuk saling berhubungan agar penyampaian suatu informasi dapat tersampaikan dengan baik dan jelas.
Perkembangan umat manusia dalam melaksanakan komunikasi dari segi kualitas maupun kuantitas mengalami peningkatan pesat dari waktu ke waktu. Alternatif komunikasi masyarakat modern saat ini menyebabkan tuntutan manusia terhadap kebutuhan informasi semakin tinggi. Hal itu turut melahirkan kemajuan yang cukup signifikan dalam bidang teknologi. Di masa kini, media yang sering digunakan dan memiliki jaringan paling luas serta mengikuti perkembangan teknologi adalah internet.
Salah satu fasilitas bagi individu ataupun masyarakat dunia maya dalam bersosialisasi secara online di internet adalah dengan menggunakan situs jejaring sosial. Jejaring sosial dapat dijadikan sebagai media yang didesain untuk memudahkan interaksi sosial bersifat interaktif dengan berbasis teknologi internet yang mengubah pola penyebaran informasi dari sebelumnya bersifat broadcast media monologue (satu ke banyak audiens) ke social media dialogue (banyak audiens ke banyak audiens). Universitas Sumatera Utara
Situs Jejaring Sosial yang sangat populer saat ini adalah Facebook. Facebook atau situs jejaring sosial ini lahir di Cambridge, Massachusetts 14 Februari 2004 oleh Mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg. Menurut data di Alexa, Facebook adalah mesin jejaring sosial nomor satu. Dalam urutan keseluruhan situs di dunia, Facebook menempati rangking ke-5 setelah Yahoo, Google, YouTube, dan Windows Live. Kepopuleran Facebook di Indonesia, mulai tahun 2008 dengan jumlah spektakuler pengguna Facebook yakni sebesar 618%. Prestasi ini menjadikan Indonesia sebagai the fastest growing country on Facebook in Southeast Asia. Bahkan, angka ini mengalahkan pertumbuhan pengguna Facebook di China dan India yang merupakan peringkat teratas populasi penduduk di dunia [12].
Facebook muncul dengan segala sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, lewat berbagai aplikasi yang beragam dalam era web 2.0. Aplikasi Facebook yang mendukung kenyamanan dalam berkomunikasi adalah apilikasi web Chat. Web Chat sendiri adalah program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client yang lain secara online di internet. Proses web Chat yang dilakukan dapat terjadi di Facebook sendiri dapat terjadi apabila member di Facebook dalam status online. Apabila salah satu member tidak dalam kondisi online atau aktif di halaman akunnya maka proses web chatting tidak akan terjadi.
Selain tersedia aplikasi web Chat, Facebook merupakan situs jejaring sosial yang berbasis Real Time, artinya aplikasi Facebook dapat bekerja sendiri tanpa harus adanya perintah dari user. Contohnya saja informasi-informasi yang diinput oleh member lain dapat dimunculkan secara otomatis dalam waktu seperdetik tanpa harus user terlebih dahulu bekerja untuk mendapatkan informasi terbaru yang didapatkan user yang lain. Ini tentunya sangat membantu user mendapatkan informasi-informasi yang ter-update dan real time tanpa harus berkerja, yang artinya sistem langsung bekerja di saat itu juga.
Untuk mendukung pembuatan aplikasi web Chat dan pembuatan website jejaring sosial yang berbasis Real Time. Real time sendiri mempunyai pengertian dimana klien me-request data ke server yang bertujuan untuk sebuah peng-update-an data, jika ada data Universitas Sumatera Utara
yang baru muncul maka akan segera lakukan peng-update-an data.Sebuah website selalu terlihat lebih baik dengan cara menampilkan isi konten website secara langsung kepada user. sumber teknologi yang digunakan adalah dengan menggunakan teknologi AJaX (Asynchronous JavaScript and XML). AJaX sendiri adalah teknologi yang menawarkan kepada pengembang web untuk membuat aplikasi yang berinteraksi secara dinamis dengan pengguna dan bekerja di belakang layar dengan web server dalam pengolahan data. Data yang diolah dapat ditampilkan di browser tanpa membutuhkan refresh halaman [5].
Melihat perkembangan situs jejaring sosial yang semakin cepat dan latar belakang di atas, penelitan yang diajukan adalah dengan membuat sebuah website jejaring sosial berbasis real time dan aplikasi web chat di dalamnya dengan menggunakan teknologi modern seperti AJaX, sehingga penyampaian informasi dapat dilakukan dengan cepat dan informasi dapat diterima oleh user secara langsung.
1.2 Rumusan Masalah
Setelah melihat latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka timbul rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Bagaimana membangun sebuah situs jejaring sosial yang berbasis realtime dan menjalankan aplikasi web chat yang akan digunakan user ke dalam website jejaring sosial yang dirancang.
1.3 Batasan Masalah
Untuk menghindari penyimpangan pembahasan dari tujuan awal maka diperlukan batasan masalah skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. website ini agar mendukung website yang berbasis real time dan pembuatan aplikasi web Chat, teknologi yang digunakan adalah teknologi AJaX dan library jQuery.
2. Aplikasi ini tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
3. website yang dibangun tidak mempunyai halaman admin.
4. Tidak menangani permasalahan keamanan web ( web security) dan keamanan jaringan (network security).
5. Untuk pembuatan program website yang dirancang, software yang digunakan adalah XAMPP 1.7.7 dimana software tersebut di dalamnya terdapat: Apache 2.2.21, MySQL 5.5.16, PHP 5.3.8, dan phpMyAdmin 3.4.5.
6. Fitur-fitur yang terdapat di website jejaring sosial ini adalah: share link dan upload image.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara pengimplementasikan perancangan website jejaring sosial berbasis real time yang didukung oleh aplikasi web chat di dalamnya.
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi penulis
a. Mengetahui kegunaan Teknologi AJaX dan library jQuery dalam menunjang pembuatan website yang berbasis real time.
b. Lebih Memahami keunggulan website yang menggunakan AJaX dan library jQuery dalam pembuatan suatu website dibandingkan pembuatan website tanpa kedua hal tersebut.
c. Agar lebih mengerti bagaimana menyusun dan merancang database untuk pembuatan website jejaring sosial ini.
2. Bagi orang banyak
Universitas Sumatera Utara
a. Hasil perancangan website Jejaring sosial dan penulisan laporan ilmiah dapat menjadi masukan bagi pengguna situs jejaring sosial.
b. Seseorang dapat menggunakan aplikasi ini di kemudian hari dan dapat berbagi saling informasi menggunakan website yang dirancang.
1.6 Metodologi Penelitian
Dalam menyusun tugas akhir ini penulis melakukan beberapa penerapan metode penelitian untuk menyelesaikan permasalahan. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara:
1. Studi literature
Meneliti konsep-konsep dasar mengenai situs jejaring sosial dan pembuatan website modern dengan teknologi AJaX dan library jQuery yang terdapat pada beberapa sumber literatur. Sumber literatur berupa buku teks, paper, dan jurnal.
2. Analisis Kebutuhan
Dalam tahap Analisis Kebutuhan dikumpulkan semua kebutuhan yang diperlukan dalam membangun website jejaring, kebutuhan tersebut berupa data user. Kemudian melakukan analisis pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi berupa pola (pattern) dengan teknik asosiasi (association rule).
3. Desain Sistem
Dalam tahap desain sistem bertujuan untuk merealisasikan hasil analisis ke dalam bentuk perangkat lunak, pada tahap ini meliputi rancangan antarmuka dan perancangan prosedur yang akan diterapkan pembuatan website jejaring sosial dan aplikasi web chat di dalamnya yang berbasis real time.
.
4. Implementasi & Pengujian
Pada tahapan implementasi dan pengujian mengimplementasikan source code program untuk dijadikan hasil akhir yaitu perangkat lunak yang seutuhnya. Kemudian dilakukan proses testing dengan meng-input data user yang telah Universitas Sumatera Utara
mendaftar, selanjutnya diketahui data mana yang sering muncul (frequent itemset) secara bersamaan untuk diperoleh suatu kesimpulan.
5. Dokumentasi
Tahap dokumentasi ini berupa penulisan skripsi yang menjelaskan proses implementasi website jejaring sosial dan juga aplikasi web Chat dengan menggunakan sistem yang berbasis real time.
1.7 Sistematika Penulisan
Peyusunan laporan tugas akhir ini menggunakan kerangka pembahasan yang terbentuk dalam susunan bab, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
BAB 1 : PENDAHULUAN
Bab ini berisikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB 2 : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang landasan teori yang mendukung perancangan aplikasi yang akan dibangun.
BAB 3 : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisikan tentang rancagan sistem yang akan dibangun, tampilan rancangan sistem yang dirancang, dan tujuan dari sistem yang dirancang. Tampilan sistem yang akan dibangun meliputi rancangan input, output, basis data, dan antar muka pemakai.
BAB 4 : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini berisikan tentang implementasi dari rancangan sistem yang akan dijalankan di browser.
BAB 5 : PENUTUP
Bab ini berisikan tentang kesimpulan, serta saran guna pencapaian laporan yang lebih sempurna. 



 NB : BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN REQUEST DI KOLOM KOMENTAR

No comments:

Post a Comment