Sunday, February 10, 2013

Contoh Proposal Skripsi Informatika

PROPOSAL  SKRIPSI TEKNIK INFORMATIKA

Pendahuluan

1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal tersebut terlihat untuk era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yg ingin dijawab oleh kalangan akademisi, & untuk tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium tersebut terutama world wide internet sudah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini.

Selain itu, perangkat keras & perangkat lunak jaringan sudah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini banyak sudah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer & komunikasi suatu model komputer tunggal yg melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini sudah diganti  dengan sekumpulan komputer yg terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan yang digunakan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti tersebut disebut jaringan komputer.

Untuk memahami istilah jaringan komputer sering kali kita dibingungkan dengan sistem terdistribusi (distributed system). Kunci perbedaannya adalah bahwa sebuah sistem terdistribusi,keberadaan sejumlah komputer autonomous mempunyai sifat transparan bagi pemakainya. Seseorang dapat memberi perintah untuk mengeksekusi suatu program, & kemudian program itupun akan berjalan & tugas untuk memilih prosesor, menemukanjaringan komputer yang digunakan dalam Warnet sangatlah bermanfaat untuk menghadapi tantangan tersebut sebab fungsi dari jaringan tersebut adalah untukmengintegritasikan data sehingga dapat diolah dengan cepat untuk kemudian didistribusikan dengan memanfaatkan jaringan komputer secara local(local area networking).

Melihat dari alasan-alasan & faktor-faktor sebelumnya maka yang digunakan dalam proses pembuatan laporan kerja praktek ini,kami akan membahas & menjabarkan tentang sistem jaringan komputer yg sekarang digunakan untuk Warnet Campusnet Semarang.Oleh sebab itu kami mencoba mengambil judul dapi laporan kerja praktek tersebut sebagai berikut:”Sistem jaringan computer untuk Warnet Campusnet Semarang”.

1.2 Rumusan Masalah

Sesuai dengan latar belakang permasalahan yg sudah dijelaskan sebelumnya maka dapat dirumuskan dengan menganalisa dari sistem kerja jaringan komputer untuk campusnet dengan mencoba untuk memperbaiki apabila yang digunakan dalam sistem kerja jaringan tersebut masih terdapat kekurangan-kekurangan atau belum sempurna agar nantinya proses kerjanya menjadi lebih baik lagi & mengurangi resiko kesalahan-kesalahan yg mungkin dapat terjadi.

1.3 Batasan Masalah

Adapun permasalahan yg terjadi untuk Campusnet tentu saja sangat kompleks sekali sehingga untuk menghindari penyimpangan dari topik yg sudah dipilih & juga sesuai dengan latar belakang permasalahn yg sudah diuraikan,maka didalam hal tersebut masalah yg akan dibahas hanya mencakup: 1. Proses instalasi sampai dengan sistem kerja jaringan komputer untuk Campusnet.
2. Sistem kerja dari jaringan komputer yg sekarang digunakan apakah sudah sesuai atau sudah sempurna 

1.4 Tujuan & Manfaat penelitian

1.4.1 Tujuan penelitian
Adapun tujuan yg ingin didapat oleh kami dari hasil penelitian tersebut adalah:

1. Untuk mengetahui bagaimana proses dari sistem kerja jaringan komputer yg dipakai untuk Campusnet,sehingga dapat memberikan informasi bagi banyak orang tentang proses kerjanya.

2. Memberi penjelasan tentang Campusnet

3. Untuk mengetahui tentang bagaimana sistem kerja jaringan dengan Lan
melalui warnet
4. Sebagai perbandingan antara teori & kenyataan di lapangan.

1.4.2 Manfaat penelitian

Adapun manfaat yg bisa diambil dari hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hasil dari penelitian tersebut dapat berguna bagi masyarakat luas & semua yang ingin mengetahui tentang proses kerja dari sistem jaringan komputer yang dipakai untuk Campusnet.

2. Sebagai sumbangan pikiran bagi masyarakat luas terutama dikalangan mahasiswa,juga untuk menambah daftar kepustakaan yg ada agar dapat meningkatkan kualitas dari para penerus lainya.

3. Bagi kami sendiri laporan tersebut dijadikan sebagai syarat menyelesaikan tugas akhir mata kuliah kerja praktek 

1.5 Metode Penelitian

1.5.1 Metode pengumpulan data

Dalam metode pengumpulan data yg dibutuhkan yang digunakan dalam penelitian,digunakan Metode Kepustakaan,Metode Observasi & serta Metode Wawancara .Mengenai apa yg dimaksud dari metode tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.Metode Kepustakaan

secara memilih buku-buku referensi yg relevan dengan judul yang
diangkat, sehingga dengan membaca buku-buku tersebut kami mendapatkan banyak informasi.

2. Metode Observasi

Selain mendapatkan informasi dari buku-buku refrensi, kami juga memperoleh informasi melalui teknik observasi yg dilakukan di Warnet Campusnet Semarang. dengan demikian kami dapat membandingkan secara langsung informasi yg didapat dari berbagai buku referensi dengan informasi yg diperoleh untuk saat observasi.

3.Metode Wawancara

untuk menambah informasi, kami juga melakukan tanya jawab dengan
nara sumber yg dianggap expert yang digunakan dalam bidang Informatika

1.6. Sistematika penulisan

Sebagai acuan bagi kami agar penulisan laporan tersebut dapat terarah sesuai dengan yang kami jadikan tujuan,maka akan disusun sistematika penulisan sebagai berikut:

Bab I.Pendahuluan

melalui bab tersebut mempunyai isi tentang latar belakang permasalahan,rumusan malasah,batasan masalah,tujuan & manfaat penelitian,metode penelitian serta sistematika penulisan

Bab II.Landasan Teori

melalui bab tersebut mempunyai isi tentang teori yg saling berkaitan dengan jaringan terutama LAN,Komponen-komponen,sejarah & prinsip computer datanya. 

Bab III.Gambaran Umum Perusahaan

melalui bab tersebut mempunyai isi tentang penjelasan umum,sejarah singkat serta struktur organisasi perusahaan serta uraian tugas & wewenang Bab IV.Pembahasan Masalah melalui bab tersebut mempunyai isi tentang instalasi,setting & implementasi system jaringan

Lan yg digunakan dengan teknologi,jaringan & permasalahan yang
ditimbulkan untuk waktu computer beroperasi serta implementasinya.

Bab V.Penutup

melalui bab tersebut mempunyai isi tentang kesimpulan-kesimpulan dari pembahasan sebelumnya beserta dengan kritik & saran.



No comments:

Post a Comment