Tuesday, January 22, 2013

Contoh Laporan PPL Kelompok Beserta Lampiran


LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI MTs NEGERI 3 MATARAM KELOMPOK




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 1989 Bab II pasal 4 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani berkepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kebangsaan dan masyarakat, serta dalam Undang-Undang Dasar 1945 mengisaratkan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional yang diatur dalam Undang-Undang.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan penyelenggaraan pendidikan baik dan profesional sebab pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar yang dilakukan untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan individu yang berlangsung seumur hidup dan usaha ini tidak terlepas dari peranan komponen dalam dunia pendidikan, terutama guru sebagai pengajar dan pendidik.
Guru sebagai tenaga pendidik sekaligus sebagai tenaga pengajar berkewajiban untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik sehingga pada saatnya nanti akan menjadi penerus perjuangan bangsa. Mengingat tugas guru sangat besar maka keberadaan guru sebagai tenaga professional dan berkualitas sangat diperlukan dan sudah sepantasnya bagi calon pendidik dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehinggasetelah terjun ke masyarakat nantinya seorang guru dapat menunaikan tugasnya dengan baik.
Berkaitan dengan pengadaan guru yang memiliki profesionalisme, maka bernaung di Universitas muhammadiayah Mataram (UMM) Fakultas Ilmu Pendidikan selaku pembentuk calon guru, menyelenggarakan kegiatan program pengalaman lapangan atau PPL II, dimana PPL II ini para mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk memberi pengalaman calon guru (mahasiswa) agar menjadi bekal para calon guru untuk menjadi guru yang berkualitas dan professional.
B.     Pengertian Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Praktek pengalaman lapangan (PPL) merupakan (program) kegiatan pembelajaran mahasiswa di lapangan (Madrasah/Sekolah) yang mencakup latihan tugas mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan mandiri untuk memenuhi tuntutan persyaratan profesi guru. Dalam kegiatan ini calon pendidik di ajukanmembuat program tahunan,program semester,satuan pelajaran,an praktek mengajar serta kependidikan yang lainnya. Hal ini dilalaksanakansecara terpadu dan terbimbing untuk memenuhi persyaratan profesi guru.         
C.    Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Sebagai sebuah program yang berusaha mempersiapkan tenaga pendidik yang professional, PPL memiliki dua tujuan,  yaitu:
a.       Tujuan umum
Secara umum tujuan pelaksanaan PPL ini adalah untuk membentuk tenaga pendidik/guru yang professional yaitu kepribadian yang luhur, berwawasan luas, ahli dalam bidangnya, tanggung jawab, serta siap mengabdikan diri pada bangsa dan negara sehingga pada waktunya para calon pendidik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
b.      Tujuan khusus
Adapun tujuan khusus pelaksanaan PPL ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk menerapkan teori-teori yang telah diperoleh di bangku kuliah.
2.      Untuk menerapkan berbagai kemampuan profesional yang utuh dan terpadu dalam situasi  nyata.
3.      Untuk menguasai berbagai keterampilan mengajar.
4.      Untuk menguasai secara cermat lingkungan fisik administrasi akademik dan sosial psikologi tempat pelaksanaan PPL berlangsung.
5.      Untuk mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sekolah tempat berlangsungnya PPL.
6.      Untuk menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelaksanaan praktek melalui refleksi dan menuangkan hasil refleksi itu dalam bentuk laporan.
D.    Sasaran Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan PPL ini adalah pribadi calon guru/pendidik yang mantap dan profesional di bidangnya, yaitu memiliki seperangkat keterampilan, nilai dan sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan dalam profesionalnya. Dalam hal ini ia berhasil mampu, cakap serta tepat menerapkan dalam proses belajar mengajar dan kegiatan bimbingan lainnya baik di sekolah maupun di luar sekolah.




BAB II

ANALISIS SITUASI, PERUMUSAN PROGRAM
DAN RANCANGAN KEGIATAN
Pada Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan pada tanggal 27 September sampai dengan 07 Desember 2010, kegiatan yang pertama kali adalah kegiatan observasi.
Dimana observasi adalah suatu metode pengumpulan data yang diperlukan dengan cara melakukan pengamatan, pendekatan, penelitian, dan analisis terhadap berbagai situasi dan kondisi serta berbagai aspek yang berkaitan dengan PPL di MTs Negeri 3 Mataram.
Observasi merupakan serangkaian kegiatan yang diprogramkan dalam PPL yang memungkinkan mahasiswa sebagai calon guru mengenal lingkungan sekolah tempat mengajar.
A.    Observasi Keadaan Fisik Sekolah
Keadaan fisik merupakan keadaan nyata yang dimiliki oleh MTs Negeri 3 Mataram. Keadaan  ini secara umum menyangkut Identitas sekolah yaitu :
Nama Sekolah                   : MTs Negeri 3 Mataram
Alamat Sekolah                 : Jln. Lingkar Selatan No: ..  Kota Mataram
Status                                : Negeri
Adapun mengenai keadaan sekolah yang meliputi keadaan gedung MTs Negeri 3 Mataram
1.      Denah MTs Negeri 3 Mataram
2.      Luas areal MTs Negeri 3 Mataram
3.      Luas bangunan MTs Negeri 3 Mataram
4.      Bangunan-bangunan yang ada antara lain :
a.       Ruang Kelas                      : 13 ruangan dengan luas 63 m
b.      Ruang Kepala Sekolah      : 1 ruangan dengan luas 24 m2
c.       Ruang guru                       : 1 ruangan dengan luas 90 m2
d.      Ruang Tata Usaha             : 1 ruangan dengan luas 60 m2
e.       Ruang BP/Bk                    : 1 ruangan dengan luas 15 m2
f.       Ruang Perpustakaan         :  1 ruangan dengan luas 65 m2
g.      Ruang Laboratorium         : 1 ruangan dengan luas 63 m2
h.      Ruang multi media            : 1 ruangan dengan luas 63 m2
i.        Musholla                           : 1 ruangan dengan luas 70 m2
j.        Koperasi                            : 1 ruangan dengan luas 15 m2
k.      Ruang UKS                      : 1 ruangan dengan luas 15 m2
l.        Lab Olah raga                   : 1 ruangan dengan luas 63 m2
m.    Kamar Mandi Siswa         : 4 kamar dengan luas  4  m2
n.      Kamar Mandi Guru           : 4 kamar dengan luas   4  m2
o.      Lapangan Basket              : 1 buah dengan luas 112  m2

B.     Keadaan Lingkungan Sekolah
MTs Negeri 3 Mataram mempunyai kondisi fisik dengan konstruksi permanen dan memilki kapasitas yang terbatas,dengan batas sebagai berikut :
a.       Sebelah Barat              : Persawahan.
b.      Sebelah Timur             : Persawahan
c.       Sebelah Utara              : Persawahan
d.      Sebelah Selatan           : Jalan raya lingkar selatan
C.    Sarana Dan Prasarana  (Fasilitas) sekolah
Sarana dan prasarana yang terdapat di MTs Negeri 3 Mataram diantaranya sebagai berikut:
1.      Ruang Kepala Sekolah
Terletak di bagian Depan (selatan) sekolah dan berdampingan dengan ruangan TU (Tata Usaha).
2.      Ruang Guru
Terletak dibagian Utara sekolah yang dilengkapi dengan meja dan kursi dan juga lemari buku.
3.      Ruang Kelas
Ruang kelas berjumlah 13 kelas yang masing-masing berukuran 7 x 9 M , Ruang kelas ini digunakan dalam proses belajar mengajar dan secara keseluruhan pada pagi hari. Adapun peralatan yang terdapat dalam kelas adalah 20 buah meja belajar siswa, 40 buah bangku belajar siswa, 1 buah meja guru, 1 buah kursi guru dan 1 buah papan tulis.
4.      Ruang Perpustakaan
Berisi buku-buku bacaan dan bahan pelajaran yang difungsikan untuk mendukung proses pembelajaran di MTs Negeri 3 Mataram.
5.      Ruang laboratorium
Di MTs Negeri 3 Mataram terdapat 2 ruangan laboratorium yaitu :
-          Laboratorium Multi Media (Biologi + Fisika + Kimia+ Bahasa)
-          Laboratorium Olah raga.
6.      Ruang BP/BK
Merupakan ruangan khusus yang di sediakan oleh sekolah untuk menampung dan menyelesaikan permasalahn yang berhubungan dengan kesiswaan, terutama yang berkaitan dengan tingkat keberhasilan belajar siswa siswi MTs Negeri 3 Mataram .
7.      Ruang Tata Usaha
Ruangan ini khusus disediakan oleh sekolah yang fungsinya sebagai  ruangan untuk menengani urusan-urusan yang berkaitan dengan administrasi sekolah.
8.      Lain-lain
Mempunyai ruang UKS, kamar mandi dilengkapi deangan WC, Koperasi sekolah (KOPSIS), lapangan olahraga, tempat parkir dan kantin.

D.    Perangkat Administrasi
1.      Struktur  Organisasi Sekolah
a.       Kepala sekolah merupakan penanggung jawab tertinggi di sekolah dengan tugas-tugas sebagai berikut :
-          Merencanakan, menyusun, membimbing dan mengawali kegiatan yang seasuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.
-          Bertanggung jawab terhadap pengelolaan seakolah baik secara teknik, edukatif maupun administrasi.
b.      Wakil Kepala Sekolah
-          Bertanggung jawab dalam kurikulum
-          Bertanggung jawab dalam urusan kesiswaan
-          Bertanggung jawab dalam urusan sarana dan prasarana
-          Bertanggung jawab dalam hubungan dengan masyarakat
c.       Tata Usaha
  Bertanggung jawab dalam administrasi sekolah, kepegawaian dan keuangan.
d.      Koordinator BK
Bertanggung jawab dalam menyusun program bimbingan belajar dan memonitoring pelaksanaan bimbingan belajar.
e.       Guru
Guru bertugas dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Jumlah guru seluruhnya di MTs Negeri 3 Mataram adalah 55 orang.

f.       Siswa
Siswa memiliki tugas belajar dan berkewajiban untuk mematuhi tata tertib yang berlaku. Jumlah siswa MTs Negeri 3 Mataram adalah 489 orang dengan jumlah siswa perempuan 245 orang dan siswa laki-laki 243 orang. Dimana kelas VII berjumlah 161 orang yang terdiri dari 89 orang siswa laki-laki dan 72 orang siswa perempuan. Kelas VIII berjumlah 183 orang yang terdiri dari 92 orang siswa laki-laki,dan 91 orang siswa perempuan. Kelas IX berjumlah 145 orang yang terdiri dari 62 orang siswa laki-laki dan 82 orang siswa perempuan.
2.      Administrasi Sekolah
Komponen administrasi pendidikan di MTs Negeri 3 Mataram adalah sebagai berikut :
a.       Adminstrasi kurikulum
§  Menyusun  program tahunan
§  Menyusun jadwal pelajaran
§  Evaluasi program pelajaran
b.      Administrasi murid
§  Penerimaan mahasiswa baru
§  Pengolahan data siswa
§  Mengatur kegiatan OSIS
c.       Administrasi pegawai
§  Pengadaan pegawai
§  Kesejahteraan pegawai dan guru
§  Pembinaan dalam meningkatkan profesionalisme guru
d.      Administrasi ketatausahaan
§  Menangani kegiatan surat menyurat
§Administrasi keuangan, meliputi pengadaan buku penerimaan siswa baru, SPP, komite dan daftar penerimaan gaji guru.
e.       Administrasi  perlengklapan & laboratoarium
§  Administrasi materil meliputi alat-alat dan perlengkapan
§  Administrasi laboratorium meliputi alat dan bahan praktikum
f.       Administrasi hubungan masyarakat
§  Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua murid
§  memelihara hubungan baik melalui BK
§  Memelihara hubungan baik dengan pemerintah dan masyarakat
3.      Tata Tertib
Tata tertib sekolah ditata sedemikian rupa agar dapat memperlancar jalannya proses pembelajaran. Tata tertib sekolah meliputi tata tertib siswa, guru dan tata usaha(Terlampir)
 

BAB III
OBSERVASI SETTING KELAS DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Observasi setting kelas adalah  sejumlah informasi yang terkait dengan tugas-tugas lain yang diperoleh dengan wawancara melalui pihak sekolah dan informasi melalui dokumen tertentu. Kegiatan observasi ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi serta mengenal lingkungan sekolah secara lebih detail, terutama hal-ha yang berkaitan dengan pengajaran pendidikan jasmani.

A.    Hasil Observasi Setting Kelas
1.      Kurikulum
Kurikulum merupakan program belajar yang disusun secara sistematis agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Pada proses belajar mengajar, guru harus berlandaskan pada kurikulum yang digunakan sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar.
kurikulum yang diterapkan di MTs Negeri 3 Mataram yaitu menggunakan sistem Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

2.      Program Pengajaran
Kegitan utama dalam program pengembangan lapangna adalah latihan seorang guru dapat menerapkan keterampilan dasar mengajar dan tugas-tugas kegunaan lainnya. Agar seorang guru dapat menerapkan keterampilan dasar mengajar secara utuh, maka terlebih dahulu guru harus menyusun program pengajaran sebagai pedoman pengajaran yang meliputi program tahunan, program semester, pengembangan silabus dan penilaian serta program harian.
a.          Keadaan fisik kelas
Ruangan kelas digunakan sebagai tempat belajar mengajar. Ruangan kelas tersebut digunakan secara keseluruhan pada jadwal belajar pada pagi hari. Secara fisik, keadaan kelas baik dan telah memenuhi syarat sebagai tempat belajar mengajar.
b.         Pengaturan kelas
Merupakan cara untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan untuk mempertahankan kondisi yang optimal demi kelancaran proses belajar mengajar dikelas, pengaturan kelas meliputi:
§  Penyusunan organisasi kelas, yang terdiri dari ketua kelas, bendahara yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap semua kegiatan dan proses belajar mengajar.
§  Pembagian tugas harian yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelas yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar.

B.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Rencana Kegiatan Pembelajaran
Merupakan rancangan kegiatan yang disusun oleh mahasiswa calon guru sebelum mengajar. Dalam pelaksanaannya rencana pembelajaran meliputi:
a.       Persiapan mengajar
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajr, mahasiswa calon guru harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental sehingga pelaksanaan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
b.      Persiapan tertulis
Dalam persiapan tertulis, mahasiswa calon guru harus menyusun program pembelajaran pengembangan silabus dan penilaian yang dikonsultasikan kepada guru pamong agar kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
c.       Perancangan alat evaluasi
Alat evaluasi digunakan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar. Alat evaluasi mencakup 3 kriteria yaitu:
§  Penilaian kognitif dapat berupa tes tulisan atau lisan untuk mengetahui tingkat pengetahuan (kemampuan intelektual siswa).
§  Penilaian afektif mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan perubahan sikap, nilai, perasaan dan minat siswa.
§  Penilaian psikomotor mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan kemampuan gerak (matorik) siswa.
2.      Realisasi kegiatan proses belajar mengajar
Dalam kegiatan belajar mengajar, mahasiswa calon guru harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.       Realisasi mengajar terbimbing
Mengajar terbimbing merupakan tahap awal kegiatan pembelajaran yang bertujuan agar mahasiswa calon guru dapat menerapkan kemampuan mengajarnya secara utuh dibawah bimbingan guru pamong. Baik dalam menyusun scenario pembelajaran, penyusunan silabus dan alat evaluasi.
b.      Realisasi mengajar sendiri
Realisasi pada tahap ini, mahasiswa calon guru diberi kewenangan mengajar sendiri yang disusun pada tahap ini, yaitu:
§  Pengembangan silabus dan penilaian (terlampir)
§  Scenario evaluasi untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa selama mengajar dalam tahap mandiri.
c.       Realisasi ujian PPL
Ujian PPL dilaksanakan dibawah pengawasan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing, pada ujian ini materi disampaikan dengan skenario pembelajaran tentang usaha. Adapun aspek yang dinilai, tercantum dalam APKG yang meliputi:
1.      Merencanakan pengajaran
2.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
3.      Mengadakan hubungan antar pribadi.
C.    Faktor Pendukung
Faktor pendukung adalah segala hal yang dilakukan yang berkaitan dengan tercapainya tujuan penbelajaran dengan baik. Adapun yang termasuk factor pendukung yaitu:
1.            Persiapan dengan perencanaan pembelajaran yang cukup
2.            Peran aktif guru pamong yang selalu memberikan masukan yang bermanfaat
3.            Motivasi siswa
4.            Manajemen kelas yang baik
5.            Sarana dan prasarana yang cukup
6.            Tanggapan pada guru yang aktivitas akademik MTsN 3 Mataram yang bersahabat.
D.    Faktor penghambat
Faktor penghambat adalah segala yang menyebabkan terhambatnya  proses pembelajaran selama  kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun hal-hal yang dianggap menjadi hambatan yaitu:
1.            Hambatan dari factor dalam (faktor intern)
Keterbatasan pengalaman dan pengetahuan dalam pendekatan kepada siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
2.            Hambatan dari luar (faktor ekstern)
Factor yang menjadi hambatan dari luar antara lain:
a.       Adanya siswa yang daya ingatnya kurang, sehingga butuh waktu untuk menjelaskannya kembali
b.      Kurangnya siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
c.       Adanya siswa yang kurang bersemangat karena perbedaan latar belakang
d.      Adanya siswa yang enggan bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
E.     Upaya mengatasi Hambatan
1.            Hambatan dari dalam (factor intern)
Hal-hal yang sering dilakukan antara lain sering berlatih dan meminta saran pada guru pamong tentang kekurangan dalam mengajar, mencari metode lain dalam mengatasi kelas, mengadakan pendekatan terhadap siswa dan memperluas pengetahuan (memperbanyak bacaan) serta menguasai keterampilan mengelola kelas.
2.            Hambatan dari luar (faktor ekstern)
a.       Untuk mengatasi siswa yang membuat keributan dengan memberikan pertanyaan baik lisan maupun tulisan
b.      Untuk mengatasi keributan diluar yaitu dengan memperingati siswa agar tidak mengganggu siswa yang sedang belajar didalam kelas.
c.       Untuk meningkatkan keaktifan siswa, yaitu dengan memberikan tambahan nilai bagi siswa yang menjawab soal yang benar.


BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Serangkaian praktek pengalaman lapangan sejak awalnya observasi sampai dengan penulisan laporan di MTs Negeri 3 Mataram, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.  Kegiatan praktek pengalaman lapangan pendidikan merupakan salah satu sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman baru yang merupakan bekal seseorang calon guru dalam membina dan mendidik siswa. Disamping itu juga dapat melihat secara nyata kekomplekan masalah kependidikan di lapangan yang dijadikan sebagi pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk masa  yang akan datang setelah kami lulus di bangku kuliah dan terjun langsung menjadi guru yang sebenarnya.
2. Melalui praktek pengalaman lapangan ini kami dapat membandingkan, menyesuaikan dan menerapkan teori yang kami dapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan. Kami juga mendapatkan gambaran tentang bagaimana harus bersikap sebagai seorang guru, baik sesama guru, kepada atasan, terhadap pegawai atau terhadap siswa, juga bagaimana mempersiapkan metode yang akan digunakan sebelum  mengajar.
3.  Praktek pengalaman lapangan ini membuat kami jadi lebih dewasa baik dalam berfikir, berbuat, bertingkah laku, bergaul dan berdisiplin sebagai seorang guru.

 B. Saran
Dari seluruh rangkaian kegiatan pratek pengalaman lapangan yang kami lakukan bersama dengan rekan-rekan mahasiswa/mahasiswi dari berbagai jurusan di  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram, selama berada di MTs Negeri 3 Mataram dari tanggal 27 September sampai 07 Desember 2010, melalui laporan ini kami sampaikan beberapa saran dan masukan. Masukan-masukan ini bertujuan agar dalam kegiatan PPL kependidikan berikutnya dapatlah dijadikan sebagai bahan pertimbangan, sehigga pelaksanaan maupun hasil yang dicapai akan lebih baik dari hasil yang sudah dicapai pada tahap ini. Dapatlah kiranya kami rincikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebagai bahan masukan dari kami, antara lain:
1.      Perlu adanya usaha manusia untuk memahami seluk beluk kependidikan, terutama pada mata pelajaran yang ditekuni dengan cara melakukan konsultasi dengan guru pamong sehingga benar-benar pengalaman yang semaksimal mungkin  dalam waktu yang sangat singkat ini.
2.      Mahasiswa PPL hendaknya mempersiapkan materi dengan baik serta menguasai materi tersebut sehingga dapat mengatasi masalah yang muncul dengan cepat dan tepat.
3.      Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan efektif maka perlu adanya kerjasama antara guru pratek dan guru pamong serta pihak sekolah lebih ditingkatkan.
4.      Sebagai seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif.
5.      Walaupun fasilitas terbatas, jangan dijadikan hambatan yang mendasar untuk melaksanakan cara belajar yang berorientasi pada tujuan atau sistem belajar, yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai calon guru dapat memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada. 
 C. Kesan-Kesan
Sejak pertama (saat penerimaan atau penyerahan) kami selaku mahasiswa PPL sangat terkesan dan simpatik terhadap Bapak Kepala Sekolah, guru pamong, guru-guru bidang studi dan seluruh staf tata usaha beserta siswa-siswi MTs Negeri 3 Mataram yang begitu baik, ramah dan telah memberikan yang terbaik  kepada kami berupa dukungan fisik dan mental demi lancarnya pelaksanaan kegiatan PPL ini.   



 LAMPIRAN


                 JADWAL PIKET
MAHASISWA PPL UUM TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Di MTs NEGERI 3 MATARAM


No
Nama
Nim
Jurusan
Hari
1.
Afdhal
Hadijah
10814. 1140
10712. 0014
Geografi
B.Inggris
Senin
Senin
2.
Habiburrahman
Rina Ayu Mulya
10711. 0040
10711. 1095
B.Indonesia
B.Indonesia
Selasa
Selasa
3.
Aladin
Rini Nuryani
10813. 1663
10713. 0184
PPKN
PPKN
Rabu
Rabu
4.
Tika Ariaty
Denny Irawan
10712. 0246
10714. 1173
B.Inggris
Geografi
Kamis
Kamis
5.
Syamsul Hadi
Fatimah
10712. 0057
10714. 0017
B.Inggris
Geografi
Jum’at
Jum’at
6.
Rostina
Dedy Iskandar
Qadrullailan
10713. 1940
10712. 0008
10711. 0112
PPKN
B.Inggris
B.Indonesia
Sabtu
Sabtu
Sabtu



Mataram  ,   Desember 2010


Mengetahui

Kepala Madrasah                                                        Koordinator Guru Pamong



Drs.H.MUH.SYUKRI, M.M.Pd                                Drs.L.SIRAJUL HADI,M.Pd
NIP. 196012311991031011                                       NIP. 19740924200312005




TATA TERTIB SISWA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 MATARAM
TAHUN PEMBELARAN 2010/ 2011
Nomor : MTs. 19.07.3 /Kp.02.3/ 2010
Kedisiplinan
Jam belajar  : Pagi                     : 07. 10 – 12.15
                       : Siang                   : 13. 10 – 17.40
Pada hari belajar biasa, siswa sudah berada disekolah 15 menit sebelum bel masuk kecuali pada hari senin dan hari-hari besar 30 menit sudah berada disekolah.
15 (lima belas) menit sebelum berdo’a petugas komisaris harus sudah menyelesaikan tugasnya.
10 (sepuluh) menit sebelum jam pembelajaran dimulai siswa berdo’a bersama
Ketua kelas bertanggung jawab
: Mempersiapkan dan mengamankan absen kelas, KBM dan pelengkapanya
: Memonitor dan mencatat petugas komisaris yang tidak melaksanakan tugasnya.
: Bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban kelas
: Mencatat siswa yang melakukan pelanggaran kemudian diserahkan kepada wali kelas /guru BK
Siswa yang terlambat tidak diperkenakan masuk kelas,sebelummendapat izin dari petugas piket/wali kelas.
Lima (5) menit sebelum guru masuk pada jam pelajaran siswa sudah duduk rapid an siap-siap memberikan salam kepada bapak/ibu guru sebelum masuk ruangan.
Apabila bapak dan ibu sebelum masuk kelas setelah bel pelajaran berbunyi, ketua kelas segera melapor bapak/ ibu guru piket dan siswa tidak diperkenankan keluar masuk kelas.
Pada waktu istrahat siswa siswa harus berada di luar kelas,kecuali ada khusus serta tidak diperkenankan keluar lingkungan sekolah, tampa izin
Untuk sisw yang sakit /  halangan lainya tidak bisa masuk sekolah, di wajibkan mengirim surat untuk mengetahui orang tua /walinya, dan bila sakit lebih dari tiga hari harus ada keterangan dokter.
Siswa tidak diperkenankan masuk di ruangan kepala madrasah,wakil kepala sekolah, guru dan tata usaha sebelum ada izi.
Siswa wajib menjaga nama baik sekolah dan bertanggung jawab terhadap hak milik sekolah.
Siswa wajib menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan baik di dalam maupun di luar sekolah.
Siswa tidak diperkenankan membawa sepeda motor, barang mewah dan tidak diperkenankan memakai perhiasan dan make up berlebihan. `Siswa memakai sepeda harus menyimpan sepedanya di tempat parkir serta mengunci sepedanya masing-masing. Siswa tidak boleh mencoret dan mengkotori bangku, tembok, meja dan barang milik sekolah lainya serta membuat sampah tidak pada tematnya.
Siswa tidak diperkenankan merusak, menghilangkan atau mengambil barang yang bukan haknya baik didalam maupun di luar sekolah.
Dan siswa wajib menggunakan pakaian seragam lengkap dengan atributnya jika berkepentinagan dengan seklah, kecuali kegiatan eksra kurikuler.
Hari senin dan selasa memakai seragam putih biru rabu,kamis memakai batik, jum’at dan sabtu memakai seragam pramuka. Sepadu keds di gunakan setiap hari dan tidak diperkenankan memakai sandal.
Hal-hal yang belum jelas akan diatur kemudian.
Sanksi.
Apabila siswa melanggar tata tertib yang berlaku dapat di berikan sanksi berupa :
: Peringatan lisan
: Peringatan lisan, penugasan dan sanksi yang berdidik
: Pernyataan tertulis atau pemanggilan orang tua
: mengganti bagi yang merusak, mengambil barang milik sekolah dan pemanggilan orang tua
: Pengembalian kepada orang tua wali dan persilakan mengajukan surat pindah
: Dikeluarkan dengan hormar atau tidak hormat.

ULANGAN HARIAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
KELAS                                  : VII A
HARI/TANGGAL    : SELASA 02 NOVEMBER 2010

CHOOSE A,B,C or D FOR THE CORRECT ANSWER
READ THE TEXT AND ANSWER THE QUESTION !
Good morning my name is RIZKI ADITYA, I live at Ganesa street no 10 Ampenan, I am eleven year old, I am a new student at MTs N 3 Mataram.
1.       Where does Rizki live ?
a.       Mataram                                                     c. Senggigi
b.      Ganesa street no.10 Ampenan          d. Langko street no.10 Mataram
2.       How old is he ?
a.       Eleven years old                                       c. fifteen years old
b.      Teen years old                                          d. sixteen years old
3.       Where is Rizki school ?
a.       SMPN 3 MATARAM                                                c. MTSN GUNUNG SARI
b.      MTSN 1 MATARAM                                 d. MTSN 3 MATARAM
READ THE TEXT AND ANSWER THE QUESTION !
I am Uyun , I am a student of MTSN 3Mataram. I like English, my English teacher is very smart, beautiful and kind. She can make the class became more attractive. She can maker joker, she can make my friend happy in studying English. She is rarely angry anyone. Every student in my school admires her very much.
4.       Who is Uyun ?
a.       A  Nurse                                                       c. A Teacher
b.      A Student                                                    d. A Doctor
5.       Who is very smart, beautiful and kind ?
a.       Uyun                                                             c. Uyun’s English teacher
b.      Mother                                                        d. Uyun’s friend
6.       Can she make jokes ?
a.       Yes, she can                                               c. No, she is not
b.      Yes, she does                                            d. No, she can no

Mrs. Indra  will go shopping, she writes the goods she need
Carrot              : 0.5 kg                        Spinach           : 2 bunch         chilies  : 0,25 kg
Onions             : 1 kg               Garlic  : 1 kg               eggs     : 1,5 kg
Tomatoes         : 0,25 kg          Meat    : 2 kg
7.       The text is about……………?
a.       An advertisement                                   c. An Announcement
b.      A shopping list                                           d. A time schedule
8.       How many meat are on the list ?
a.       2 kg                                                                c. 1 kg
b.      1.5 kg                                                            d. 0,25 kg
9.       Where can we buy carrots, tomatoes, chilies ?
a.       At the grocery                                           c. Traditional market
b.      Florist                                                            d. Bookstore
LOOK AT THE TIME TABLE BELOW, THEN ANSWER THE QUESTION !
No
Monday
No
Tuesday
No
Wednesday
1
2
3
Religion
Social science
 Math
1
2
3
English
Indonesian
History
1
2
3
TIK
Natural science
History
No
Thursday
No
Friday
No
Saturday
1
2
3
Physical
Natural science
Art
1
2
3
English
Indonesian
Religion
1
2
3
Civics
Math
Social science


10.   How many subject on the timetable ?
a.       Eleven subject                                          c. nine subject
b.      Teen subject                                              d. seven subject
11.    What day that civics subject?
a.       Monday                                                       c. Saturday                                         
b.      Tuesday                                                       d. Friday
12.   How many time does the English subject learnt in a week?
a.       Two times                                                   c. three times
b.      once                                                             d. nothing

CHOOSE EITHER A,B,C OR D FOR THE CORRECT ANSWER THAT UNDERLINE WORD BELOW !
13.   Bahtiar has three hundreds chickens
a.       30                                                                   c. 300
b.      13                                                                   d. 3
14.   There are thirty days in a month.
a.       3                                                                      c. 13
b.      33                                                                   d. 30
15.   Rizal has 150 books
a.       One hundred and fifty                           c. five hundreds
b.      One hundred and fifteen                     d. five thousands
Cheese Omelet
1 egg                           3 table spoons cooking oil                   1 small saucepan
50 g cheese                  1 ons salt                                             0,5 liter of water
1 bottle milk                pepper                                                
16.   What is the purpose of writing shopping list?
a.       For shopping                                                              c.  To know the shop
b.      To list the thing someone wants to buy.        d.  To remind everything 
READ THE TEXT AND ANSWER THE QUESTION
The giraffe has big brown eyes which are protected by very thick lashes. The lashes are an important source of protection. It has brown spots on the skin in this coloring helps protect the giraffe. The giraffe also has two short on its head. Like the camel, giraffe can go for long time without drinking water. A baby giraffe is two meter tall at birth, it can stand up by it self within a few minutes after birth and can run well in about two days.
17.   A good title for the text is …………… …..
a.       A  small African animal                           c. the tallest animal at the zoo
b.      Giraffe and camel                                    d. the interesting camel
18.   How much horns at the giraffe ?
a.       Four                                                               c. five
b.      Nine                                                              d. two
19.   What is the color spots on giraffe skin ?
a.       White & black                                            c. green & yellow
b.      Blue & red                                                   d. brown & white
20.   A giraffe is about ……………… meters long
a.       Two                                                               c. four
b.      Three                                                            d. six



……………GOOD LUCK………





                                   
                                                                         PROFIL
MADRASAH TSANAWIYAH  NEGERI 3 MATARAM

1. IDENTITAS SEKOLAH
            a.   Nama Madrasah                : Madrasah Tsanawiyah  Negeri 3 Mataram

b.   Alamat  Madrasah             :
Propinsi                             : Nusa Tenggara Barat
Kabupaten/Kota                : M a t a r a m
Kecamatan                                    : Ampenan
Desa/Kelurahan                 : Karang Pule
Jalan                                  : Lingkar Selatan  Mataram
Kode Pos                          :    --
Telpon                               : ( 0370 )  6604742
E – Mail                            :    --
           
c.   Nomor Rekening               : 22. 32784.01-0
Nama  Bank                      : PT. Bank NTB
Kantor                               : Jl Pejanggik Mataram
Pemegang Rekening                                
1)   Kepala  Madrasah                   : Drs. H. MUH. SYUKRI, M. MPd
2)   Ketua Komite  Madrasah        : Drs. H. MINHUM MINATULLAH, M. Pd

2. IDENTITAS KEPALA  MADRASAH 

a.   Nama dan Gelar                            : Drs. H. Muh. Syukri M.MPd      

b.   Pendidikan Terakhir                      : S-2 Pasca Sarjana

c.   Jurusan      Ijazah                          : Mangemen Pendidikan

d.   Pelatihan Yang Pernah diikuti      :          
        
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : MTsN 3 MATARAM

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Kelas / Semester          : VII/1
Standar Kompetensi   : 1. Listening ( Mendengarkan )
Memahami makna dalam ungkapan transasional sangat sederhana untuk    berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar       : 1.1 Merespon makna dalam ungkapan transaksional ( to get thinks done ) dan Interpersonal yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : perintah dan larangan.
Indicator                     : 1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur kata perintah dan larangan.
                                      2. Melakukan tindak tutur menyatakan larangan dan perintah.
Jenis teks                     : Transaksional / Interpersonal
Tema                           : Comman and Prohibilition
Aspek/skill                  : Listening
Alokasi waktu             : 4x40 menit


1.      Tujuan pembelajaran
a.       Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur menyatakan larangan dan perintah
b.      Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur menyatakan larangan dan perintah.

2.      Materi pembelajaran
a.       Percakapan – percakapan singkat
1.      Stand up please
2.      Sit down
3.      Don’t talk please
4.      Don’t do that
b.      Kosa kata
Noun         :
Verb          : stand, do, sit
To be         : is, am ,are
Personal     : I , you,he, she.
3.      Metode pembelajaran : PPP

4.      Langkah – langkah kegiatan

a.       Kegiatan pendahuluan
-          Tanya jawab berbagai hal terkait dengan kondisi siswa
-          Siswa menjawab pertanyaan terkait dengan materi yang diberikan oleh guru.
b.      Kegiatan inti
-          Mendengarkan ungkapan yang diberikan oleh guru
-          Merespon ungkapan – ungkapan perintah dan larangan
-          Melakukan perintah yang dilakukan guru
-          Menemukan kata – kata sulit dalan teks lisan
-          Menirukan kalimat – kalimat yang diucapkan guru
-          Menjawab pertanyaan tentang percakapan secara lisan
-          Melakukan perintah yang diucapkan guru.
c.       Kegiatan penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa selama dalam KBU
-          Menyimpulka materi pembelajaran
-          tugas

5.      Sumber belajar
-          Buku teks bahasa inggris yang relevan
-          LKS
-          Media

6.      Penilaian
a.       Teknik       : merespon ungkapan / pertanyaan
b.      Bentuk       : pertanyaan lisan
c.       Instrument :

1.      Do the following instruction
( on going assessment )
-          Comman
1.      Take a place of paper
2.      Put your bag on the desk
3.      Touch your hand
4.      Point out your pen
-          Prohibilition
1.      Don’t litter, please
2.      Please, don’t sit there
3.      Read the book, please
4.      Open your book
5.      Don’t talk, please

Mataram 3 oktober 2010

            Mengetahui
Guru pamong,                                                                         Mahasiswa PPL


FITRAWATI, S.Pd                                                                HADIJAH
NIP. 197409272009012004                                                   NIM. 10712.0014

Kepala MTsN 3 Mataram                                                       Dosen pemimbing


Drs. H. MUH.SYUKRI, M.M.Pd                                          Drs. AKHMAD, H. MHUM
NIP. 196012311991031011                                                   NIND. 0822086002
                        



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MTsN 3 MATARAM

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Kelas / Semester          : VII/1
Standar Kompetensi   : Reading ( Membaca )
1.      Memehami makna teks tulis fungsional pendek sangat sedarhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar       : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek yang sangat              sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang terkait dengan lingkungan terekat.
Indicator                     : 1. Merespon dengan benar berbagai informasi dalam teks fungsional pendek.
2.      Mengidentifikasi fungsi komunikasi teks descriptive.

Jenis tekt                     : Descriptive Text
Aspek / Skill                : Reading ( membaca )
Alokasi waktu             : 4x40 menit

1.      Tujuan pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a.       Siswa dapat menemukan gagasan pokok yang ada dalam teks
b.      Siswa dapat membaca nyaring teks fungsional pendek yang terkait dengan teks
c.       Siswa dapat menemukan informasi yang Teadapat dalam teks.
2.      Materi pembelajaran
a.       Teks Descriptive
b.      Animal “ The Giraffe “
3.      Metode pembelajaran : three phase
4.      Langkah – langkah kegiatan
a.       Kegiatan awal
-          Tanya jawab yang terkait dengan materi
-          Siswa dapat menirukan membaca nyaring
-          Mengidentifikasi informasi yang tedapat dalam bacaan.
b.      Kegiatan inti
-          Siswa membaca teks yang diberikan oleh guru
-          Siswa merespon perintah guru untuk menemukan kata sulit (vocab) yang ada dalam teks
-          Siswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan teks.

c.       Kegiatan akhir
-          Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks
-          Menugaskan siswa untuk mencari teks descriptive dengan tema yang berbeda.
5.      Sumber belajar
a.       Buku basa inggris yang relevan
b.      Media
6.      Penilaian  
a.       Teknik : tes tertulis
b.      Bentuk : uraian

The giraffe has big brown eyes which are protected by very thick lashes. The lashes are an important source of protection. It has brown spots on the skin in this coloring helps protect the giraffe. The giraffe also has two short on its head. Like the camel, giraffe can go for long time without drinking water. A baby giraffe is two meter tall at birth, it can stand up by it self within a few minutes after birth and can run well in about two days.

           
            Question
1.       What is the text about ?
2.       How much short at the giraffe?
3.       What color spots in giraffe skin ?



Mataram 3 oktober 2010


            Mengetahui :
            Guru pamong,                                                                         Mahasiswa PPL,


           
            FITRAWATI, S.Pd                                                                HADIJAH
            NIP. 197409272009012004                                                   NIM. 10712.0014


            Kepala Sekolah MTsN 3 Mataram,                                         Dosen pemimbing,



Drs. H. MUH.SYUKRI, M.M.Pd                              Drs.AKHMAD,H.M,HUM
NIP. 196012311991031011                                       NIND. 0822086002
           

 












No comments:

Post a Comment